How To

Mengenal Skin Prep, Langkah Terpenting Sebelum Apply Makeup

Mengenal Skin Prep, Langkah Terpenting Sebelum Apply Makeup

Pernahkah kamu merasa makeup di wajahmu cepat luntur atau terlihat cakey? Salah satu penyebabnya bisa jadi karena persiapan kulit sebelum makeup yang kurang tepat. Persiapan kulit yang baik adalah kunci untuk mendapatkan riasan yang tahan lama dan terlihat natural. Menyiapkan kulit sebelum terkena paparan produk makeup menjadi hal yang esensial dalam dunia makeup. Umumnya, kita mengenal istilah ini sebagai skin prep. 

Sederhananya, mereka yang melewatkan tahapan skin prep sebelum merias wajah berisiko mengalami kulit kering, coverage yang tidak merata, dan foundation yang lebih sulit untuk menempel di wajah. Di sisi lain, jika kamu meluangkan waktu sejenak untuk memastikan kulit kamu siap, riasan kamu akan lebih mudah diaplikasikan dan lebih tahan lama. Kamu juga akan terlihat lebih bercahaya dan tidak mudah mengalami makeup yang cakey. 

Jika kamu belum terbiasa dengan cara mempersiapkan kulit sebelum makeup, jangan khawatir. Sini, minQu kasih tahu langkah demi langkah proses persiapan kulit kamu. 

Membersihkan wajah

Biasanya, skin prep diawali dengan membersihkan wajah dari berbagai polusi dan kotoran lainnya dengan pembersih wajah yang diformulasikan dengan baik yang cocok dengan kulit kamu ya, Haqu Squad. Tahap membersihkan wajah yang pertama dilakukan dengan pembersih wajah berbasis minyak atau oil-based cleanser, atau bisa juga dengan micellar water yang dapat disesuaikan dengan tipe kulitmu. Setelah itu, tahap kedua adalah mencuci wajah memakai facial wash dan membilasnya dengan air. Pastikan untuk mengusapkan pembersih ke kulit yang lembab dengan gerakan melingkar sebelum membilasnya untuk memastikan kulit kamu benar-benar bersih dan segar. Usap kulit hingga kering sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. 

Eksfoliasi

Kulit bertekstur merata dan bebas dari serpihan adalah kunci dari tampilan riasan yang tahan lama, dan eksfoliasi adalah cara utama untuk mendapatkan tekstur kulit yang sempurna. Langkah-langkah perawatan kulit eksfoliasi dapat dilakukan secara manual, misalnya dengan menggunakan scrub atau kain lembut untuk memijat bagian kulit yang kering, atau secara kimiawi, dengan bantuan bahan perawatan kulit eksfoliasi kimiawi. Kamu bisa memilih produk yang mengandung bahan eksfoliator kimia seperti seperti Salicylic acid, Benzoyl peroxide, Azelaic acid, atau Adapalene, sesuai kecocokan dengan kulit masing-masing untuk membantu mengelupaskan sel kulit mati dan mempersiapkan kulit untuk makeup. Ada baiknya proses ini dilakukan 2 sampai 3 kali seminggu saja untuk menghindari kulit yang over-exfoliating dan menimbulkan masalah iritasi baru.

Hidrasi dengan produk cair

Dalam melakukan skin prep, hidrasi untuk kulit menjadi langkah yang sering terlupakan tetapi sangatlah penting, khususnya penggunaan produk hidrasi berbentuk cair seperti toner dan serum. Produk-produk ini dirancang untuk mencerahkan, menghidrasi, dan melembabkan kulit wajah kamu. Sebagai bonus, produk ini juga dapat membantu produk berikutnya menyerap ke dalam kulit secara maksimal. Toner adalah produk perawatan kulit yang bertekstur lebih ringan daripada serum, seringkali dengan konsistensi yang encer dan tipis. Langkah perawatan kulit ini sering kali menggabungkan bahan-bahan yang ringan dan menghidrasi untuk melapisi kulit dengan nutrisi. Oleskan pada kapas dan usapkan ke seluruh wajah kamu, atau tuangkan produk ke tangan dan usapkan ke kulit.

Gunakan eye product dan moisturizer

Makeup cenderung mudah rusak di sekitar kontur mata, jadi sebaiknya kamu tidak mengabaikan area ini sebelum memakai produk makeup. Penggunaan krim mata akan membantu menjaga kulit halus di bawah mata agar tetap kenyal dan lembab untuk membantu concealer tetap menempel. Jangan lupa gunakan sedikit krim mata. Lalu, lanjutkan dengan penggunaan moisturizer secara merata untuk mengunci kelembaban kulit sebelum makeup.

Jangan lupa gunakan sunscreen dan primer

Jangan pernah lewatkan tahapan ini! Sunscreen berfungsi sebagai tameng yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UVA dan UVB. Pilih sunscreen yang cocok dengan kulit kamu agar hasilnya maksimal. Penggunaan sunscreen memang penting, tapi untuk hasil makeup yang lebih maksimal, kamu juga perlu menggunakan primer. Pilih primer yang sesuai dengan jenis kulit agar makeup tahan lama dan terlihat flawless.

Nah, begitulah tips lengkap tentang skin prep yang bisa kamu ikuti sebelum mengaplikasikan produk-produk makeup. Skin prep bukan hanya sekadar langkah awal sebelum makeup, namun juga investasi untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan melakukan skin prep secara rutin, kamu tidak hanya akan mendapatkan tampilan makeup yang flawless, tetapi juga kulit yang sehat dan glowing. Selamat mencoba, Haqu Squad!

Reading next

Bagaimana Standar Kecantikan Perempuan di Indonesia?
Mengenal 5 Jenis Profesi Makeup Artist