How To

Jangan Salah! Ini Maksud Retouch Makeup yang Sesungguhnya

Jangan Salah! Ini Maksud Retouch Makeup yang Sesungguhnya

Penggunaan makeup dalam kurun waktu yang lama tentu memungkinkan terjadinya perubahaan pada tampilan riasan tersebut, seperti warna makeup yang memudar atau bahkan complexion yang luntur. Maka dari itu, diperlukan teknik khusus supaya makeup kembali terlihat fresh dan rapi. 

Dalam dunia makeup, teknik tersebut memiliki istilah khususnya, yaitu retouch makeup. Retouch makeup menjadi kunci untuk membuat makeup tetap segar dan flawless sepanjang hari. Untuk itu, berikut ini sudah MinQu rangkum terkait retouch makeup dan bagaimana cara paling tepat dalam mengaplikasikan teknik tersebut.

Apa Itu Retouch Makeup?

Retouch makeup merupakan teknik yang digunakan untuk menyegarkan atau menyempurnakan tampilan makeup yang sudah ada tanpa harus menghapus atau mengaplikasi ulang riasan secara menyeluruh. 

Lalu, apa sebenarnya tujuan dari retouch makeup ini? Tujuan utama dari retouch makeup adalah untuk mengatasi kilau berlebih pada wajah, menyempurnakan ulang complexion makeup yang luntur, atau bahkan bisa menjadi solusi untuk mengatasi perubahan warna look pada riasan makeup.

Bagaimana Cara Retouch Makeup?

Teknik Utama dalam Retouch Makeup

  • Mengatasi Minyak Berlebih Pada Wajah

Kamu bisa menggunakan kertas minyak atau translucent powder untuk menyerap minyak pada wajah, tanpa merusak makeup yang sudah ada. Cara efektifnya, kamu bisa mengaplikasikan kertas minyak atau  translucent powder dengan lembut di area T-zone atau bagian wajah yang cenderung berminyak.

  • Menyegarkan Complexion Makeup.

Makeup yang digunakan seharian cenderung lebih besar kemungkinannya untuk terjadi complexion yang luntur. Maka dari itu, jika complexion mulai terlihat pudar atau hilang, kamu bisa mengatasinya dengan mengaplikasikan sedikit foundation atau concealer dengan menggunakan sponge atau brush makeup. Pastikan untuk meratakannya dengan lembut agar tidak mengganggu foundation yang sudah ada.

  • Retouch Blush dan Shading Jika Diperlukan.

Blush dan shading pada makeup cenderung memudar jika digunakan sepanjang hari. Untuk itu, supaya makeup kamu terlihat lebih segar, cobalah untuk mengaplikasikan  ulang blush on dan shading.

  • Mengatasi Lipstik yang Memudar.

Lipstik menjadi salah satu produk yang memungkinkan untuk lebih banyak membutuhkan proses retouch. Maka dari itu, kamu bisa aplikasikan ulang lipstik atau lip tint dengan warna serupa untuk kembali menampilkan look makeup yang lebih fresh. 

Itulah sederetan informasi terkait retouch makeup yang bisa MinQu bagikan. Penggunaan teknik retouch makeup yang tepat mampu menjaga penampilan tetap segar dan profesional sepanjang hari. Coba aplikasikan tips-tips ini di proses makeup kamu, yaa. Semoga membantu!

Reading next

3 Perbedaan Cushion dan Foundation yang Harus Kamu Tahu!
6 Ciri Thailand Makeup Look yang Wajib Kamu Coba