How To

5 Tips Membersihkan Makeup dengan Benar Supaya Kulit Tetap Sehat

Bersihkan Makeup Supaya Kulit Tetap Sehat

Setelah melewati hari yang panjang dengan makeup yang terpasang di wajah, membersihkan makeup dengan benar  supaya kulit tetap sehat adalah langkah yang penting. Hal ini tentunya membantu mencegah masalah kulit seperti jerawat, iritasi, dan lainnya. 

Bagaimana cara membersihkan makeup dengan benar?

Membersihkan makeup dengan benar

Sebelum berbicara lebih jauh, kamu harus memahami bahwa setelah mengaplikasikan makeup di wajah, maka tahapan penting selanjutnya adalah membersihkan makeup. Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah kamu sudah mengetahui, bagaimana cara membersihkan makeup dengan benar supaya kulit tetap sehat? Untuk itu, ini dia beberapa tips yang akan MinQu bagikan untuk membantu kamu membersihkan makeup dengan benar.

1. Pastikan tangan dalam keadaan bersih

Tangan bersih sebelum bersihkan makeup

Hal paling penting namun kadang terlewatkan ketika akan membersihkan makeup adalah mencuci tangan. Pastikan, tangan kamu dalam keadaan bersih sebelum menyentuh wajah,  hal ini bertujuan untuk menghindari penyebaran kuman atau kotoran di area wajah, supaya kesehatan kulit tetap terjaga.

2. Hindari menggosok kulit dengan kasar

Bersihkan makeup dengan lembut

Pada setiap tahapan membersihkan makeup, satu hal ini perlu kamu catat, yaitu hindari menggosok kulit dengan kasar. Bersihkan kulit dengan tekanan yang lembut dan ringan untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit wajah.

3. Bersihkan wajah dengan face cleansing

Bersihkan muka dengan face cleansing

Membersihkan makeup dengan benar supaya kulit tetap sehat harus melewati satu hal terpenting ini, yaitu membersihkan wajah dengan face cleansing. Penggunaan face cleansing bisa disesuaikan dengan preferensi kamu. Jika makeup memiliki look yang bold, disarankan untuk menggunakan cleansing balm atau cleansing oil, supaya makeup terhempas sempurna. Namun, jika kamu menggunakan makeup ringan, kamu bisa menggunakan micellar water untuk proses membersihkan makeup. 

4. Cuci muka dengan face wash

Cuci muka

Tahapan dalam membersihkan makeup yang benar tidak hanya sampai penggunaan face cleansing saja. Tahap selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membersihkan wajah dengan face wash. Dengan ini, sisa makeup yang masih menempel di kulit wajah akan terangkat.

5. Gunakan pelembap wajah

Untuk menyeimbangkan kembali pH supaya tidak keting setelah proses membersihkan makeup, maka kamu jangan lewatkan untuk menggunakan pelembap wajah. Caranya, kamu bisa aplikasikan pelembap wajah ke seluruh wajah dan pijat dengan lembut supaya kulit terhidrasi dengan maksimal. 

Itu dia 5 tips membersihkan makeup dengan benar supaya kulit tetap sehat. Mulai dari memastikan tangan dalam keadaan bersih, hindari menggosok kasar pada kulit wajah, gunakan face cleaning, face wash, hingga pelembap. Intinya, setelah mengaplikasikan makeup di wajah, jangan sampai kamu melewati tahapan untuk membersihkannya supaya kulit bisa tetap sehat dan terjaga. 

Lanjutkan baca

Source by Freepik
Model atau muse makeup