How To

Pahami Lebih Jauh Seputar Skin Tone dan Undertone Kulit

Pahami Lebih Jauh Seputar Skin Tone dan Undertone Kulit

Memilih produk makeup tidak hanya selalu berkaitan dengan kenyamanan, terkadang kamu juga perlu mempertimbangkan hal lain, salah satunya skin tone. Produk makeup yang diaplikasikan harus bisa blend-in dengan warna kulit, supaya teraplikasikan sempurna di wajah. Maka dari itu, pemahaman kamu terkait skin tone jangan sampai dikesampingkan. 

Apa itu Skin Tone dan Undertone?

Warna kulit atau skin tone adalah bagian yang penting dari penggunaan makeup. Lebih jauh, skin tone merupakan warna pada permukaan kulit yang bisa kamu lihat secara langsung dengan mata telanjang. Warna kulit seseorang cenderung dipengaruhi oleh faktor genetik, meskipun demikian warna kulit memiliki kemungkinan untuk berubah sewaktu-waktu. Hal tersebut bisa saja dipengaruhi oleh faktor lingkungan, pertambahan usia, atau bisa juga karena pemakaian produk skincare. Maka selanjutnya, apa yang dimaksud dengan undertone kulit? Berbeda dengan skin tone, undertone kulit merujuk pada warna dasar yang terdapat di bawah permukaan kulit.

Jenis-Jenis Skin Tone dan Undertone Kulit

Berbicara lebih jauh terkait skin tone, pada umumnya warna kulit terbagi menjadi empat jenis. Pertama light (putih), fair (terang), medium, dan terakhir dark (gelap). Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa pembagian ini diklasifikasikan secara general, sehingga ada banyak spekulasi terkait jenis-jenis skin tone pada manusia. Jika skin tone terbagi menjadi empat jenis, maka lain halnya dengan undertone kulit. Secara umum undertone terbagi menjadi tiga, yaitu undertone cool (dingin), warm (hangat), dan netral.

Cara Mengetahui Undertone Kulit Wajah

Selanjutnya, setelah kamu memahami lebih jauh tentang skin tone, kamu juga perlu mempelajari bagaimana cara mengetahui undertone kulit wajah. Caranya cukup mudah, MinQu akan bagikan beberapa tips di bawah ini:

Perhatikan Warna Pembuluh Darah

Lihat pembuluh darah di bagian pergelangan tangan, jika warna yang ditunjukkan terlihat biru atau ungu, kemungkinan kamu memiliki cool undertone. Lalu, jika warnanya hijau atau biru kehijauan, bisa jadi warna kulit kamu termasuk kategori warm undertone.

Reaksi Kulit terhadap Paparan Sinar Matahari

Perhatikan warna kulit kamu ketika terpapar sinar matahari, jika reaksi kulit kamu mudah terbakar dan berubah warna menjadi coklat, mungkin undertone kamu termasuk kategori cool. Namun, jika warna kulit berangsur-angsur menjadi keemasan (tanpa terbakar), kategori kulit kamu termasuk skin tone warm.

Gunakan Produk Makeup 

Hal yang cukup mudah kamu lakukan yaitu dengan mencoba beberapa varian warna produk makeup, mulai dari light, fair, medium, hingga dark. Kamu bisa mencobanya dan mulai amati warna mana yang sekiranya ‘masuk’ dengan warna kulit kamu.

Beberapa hal terkait pembahasan skin tone ini semoga bisa membantu kamu jauh lebih memahami terkait warna kulit. Selain itu, semoga beberapa tips di atas bisa memudahkan kamu dalam menentukan produk makeup atau pakaian yang akan kamu gunakan.

Lanjutkan baca

Kamu Makeup Artist? Ini Ide Konten yang Bisa Kamu Coba!
3 Tips Look Makeup yang Cocok untuk Hari Raya