Karier

Pahami! Ini 5 Tips Memulai Karier sebagai MUA

karier sebagai mua

Makeup by: @ratna4beauty

Hayo siapa di sini yang punya mimpi menjadi seorang makeup artist? 

Makeup artist merupakan salah satu profesi yang kini tengah banyak digeluti. Profesi yang dulunya identik dengan riasan pengantin atau artis, namun kini profesi tersebut menjamur ke arah yang lebih luas. Kita bisa lihat, kini beberapa acara tertentu membutuhkan jasa dari seorang makeup artist, misalnya acara graduation, engagement, dan lain sebagainya. 

Bagaimana memulai karier sebagai MUA?

Makeup by: @ratna4beauty

Seiring dengan ketertarikan jasa makeup yang meningkat, tentunya selaras dengan persaingan dalam bidang makeup artist yang semakin ketat. Itulah yang menjadi problematika saat ini, di mana banyak dari mereka yang ingin merintis karier sebagai MUA namun kesulitan untuk memulainya. 

Maka dari itu, sebagai teman setia Haqu Squad minQu mau kasih 5 tips memulai karier sebagai MUA. Yuk disimak!

1. Tingkatkan Skill

Salah satu langkah awal menjadi seorang MUA tentunya dengan meningkatkan skill yang dimiliki. Hal ini harus menjadi perhatian utama ya squad, seiring dengan meningkatnya skill yang kita miliki membuat calon klien tertarik untuk menggaet jasa kita. Banyak cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan skill, mulai dari mengikuti kursus, mengikuti beberapa tutorial, atau bahkan belajar otodidak setiap waktu. Ingat squad! Tidak pernah ada usaha yang menghianati hasil.

2. Bangun dan Kembangkan Portfolio

Tips kedua yang bisa kamu coba adalah membangun dan mengembangkan portfolio. Hal ini menjadi salah satu bagian terpenting dalam memulai karier sebagai MUA. Kamu bisa coba bangun dan kembangkan portfolio dengan memanfaatkan media sosial. Tapi tenang aja! Portfolio ini tidak melulu harus berkaitan dengan hasil makeup yang profesional, kamu bisa unggah hasil makeup kamu selama berlatih ke dalam portfolio di media sosial. 

3. Gencar Lakukan Promosi

Selain membangun portfolio, kamu juga jangan bosan untuk melakukan promosi. Hal ini akan membantu kamu lebih dikenal lagi sebagai seorang MUA. Sebenarnya, dengan kamu melakukan pengembangan portfolio ini juga bersinggungan dengan promosi jasa kamu. Beberapa tips promosi dari minQu yang bisa kamu coba, misalnya gunakan tagar saat unggah hasil kerja kamu, manfaatkan orang terdekat kamu untuk melakukan promosi, atau cara-cara efektif lainnya. 

4. Bangun Koneksi

Memulai karier sebagai MUA berarti kamu juga harus siap untuk membangun koneksi yang luas ya squad! Biasanya dengan relasi yang luas mampu membantu kamu menemukan klien pertama, kedua bahkan seterusnya. Hal tersebut bisa didapatkan dari relasi orang-orang di sekitar kamu. Terus, gimana minQu caranya mencari koneksi yang luas? Oke, caranya kamu bisa mulai join komunitas-komunitas MUA atau ikut event-event yang berkaitan dengan dunia makeup artist.

5. Sikat Aja Dulu!

Tips terakhir adalah sikat aja dulu! Maksudnya apa minQu? Jadi, ketika kamu sudah punya kemauan untuk merintis karier sebagai MUA kamu harus memiliki prinsip untuk memulai itu. Jangan sampai niat itu berujung menjadi sebuah wacana, karena nggak ada yang tahu kan kapan kamu bisa sampai ke tujuan kalau kamu nggak mencobanya?

Itu dia beberapa tips yang bisa minQu share untuk kamu yang ingin merintis karier sebagai seorang makeup artist. Kalau menurut minQu sih nggak ada lagi alasan untuk kamu tidak memulai karier ini! MinQu tunggu ya kabar baiknya.

Lanjutkan baca

Memilih MUA yang Pas di Hati