Karier

4 Cara Menentukan Price List untuk MUA Pemula

4 Cara Menentukan Price List untuk MUA Pemula

Memulai perjalanan sebagai seorang makeup artist memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari materi, fisik, dan juga keterampilan. Terlepas dari banyaknya persiapan, namun dewasa kini menjadi seorang makeup artist bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Maka dari itu, tidak jarang dari mereka yang ingin memulai perjalanannya sebagai seorang makeup artist. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebagai seorang makeup artist pemula memang harus mempersiapkan dan mempertimbangakn banyak hal, salah satunya adalah menentukan price list makeup. Hal ini menjadi momen krusial bagi para makeup artist pemula, maka dari itu berikut ini MinQu bagikan 4 tips yang bisa kamu lakukan dalam menentukan price list untuk MUA pemula.

1. Pahami kualitas dan pengalaman makeup kamu

Sebelum menetapkan price list, hal yang harus kamu lakukan adalah memahami kualitas dan pengalaman makeup kamu. Evaluasi terlebih dahulu keterampilan makeup kamu, dan akan lebih baik jika kamu meminta testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa kamu. Setelah itu, pertimbangkan sejauh mana keterampilan makeup kamu berdasarkan pengalaman, sertifikasi dan penilaian dari klien. Hal ini tentunya akan mempermudah kamu untuk menentukan price list makeup.

2. Lakukan market survey 

Tips selanjutnya adalah melakukan survei pasar. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menentukan price list. Caranya, lakukan survei untuk memahami tarif standar yang biasa ditawarkan para makeup artist di daerah domisili kamu dengan keterampilan serupa. Setelah itu, kamu hanya perlu menentukan apakah kamu akan memilih tarif premium pricing (memasang harga yang relatif tinggi jika targetnya upper level) atau low-rate pricing (memasang harga yang relatif rendah sebagai bentuk promosi). Tapi, ingat, ya, Haqu Squad dalam menentukan harga premium atau low-rate harus disesuaikan juga dengan skill makeup yang kamu miliki. 

3. Perhitungkan biaya lainnya

Selain mempertimbangan keterampilan dan produk makeup yang kamu gunakan, menentukan price list juga perlu mempertimbangkan biaya lainnya seperti transportasi, hairdo/hijab stylist, dan biaya operasional lainnya. Hal ini bisa membantu kamu supaya tetap bisa mendapatkan income yang sesuai dari jasa makeup yang diberikan.

4. Hindari memasang harga yang merusak pasar

Tips terakhir ini justru harus kamu hindari, yaitu memasang harga yang sangat rendah dari tarif standar yang biasa MUA lain tawarkan. Selain merusak harga pasar, melakukan teknik ini juga dikhawatirkan akan memberikan pendapatan yang rendah atau bahkan minus. Selain itu, dalam menerapkan harga yang sangat rendah bisa berdampak pada sulitnya upgrade harga karena pemilihan tarif awal yang sangat rendah.

Itulah 4 tips yang bisa kamu aplikasikan dalam menentukan price list makeup. Sekarang nggak perlu bingung lagi menentukan harga makeup, cukup ikuti tips di atas dan berkaryalah sebagai seorang makeup artist profesional! Good luck, Haqu Squad! 

Lanjutkan baca

Tips Halloween Makeup Look yang Layak Kamu Coba!
4 Peluang Bisnis Seorang Makeup Artist yang Layak Kamu Coba!