How To

3 Perbedaan Cushion dan Foundation yang Harus Kamu Tahu!

3 Perbedaan Cushion dan Foundation yang Harus Kamu Tahu!

Seperti yang kita tahu, makeup sudah menjadi kebutuhan primer terutama bagi seorang wanita. Di antara banyaknya produk yang bisa menunjang kebutuhan beauty, produk base makeup menjadi salah satu hal yang tidak pernah luput dari perhatian. 

Misalnya cushion dan foundation yang termasuk produk dalam kategori base makeup ini. Di antara kedua produk tersebut beberapa orang mungkin masih kesulitan untuk membedakannya. Maka dari itu, artikel ini akan mengupas terkait perbedaan cushion dan foundation yang harus kamu tahu!

Apa itu Cushion

Cushion merupakan base makeup yang memiliki formula untuk menutupi ketidaksempurnaan pada wajah. Cushion ini umumnya dikemas lebih praktis, di mana sponge (aplikator) dan cerminnya sudah tersedia dalam satu kemasan, sehingga produk ini terbilang travel friendly.

Apa Itu Foundation

Sedikit berbeda dengan cushion, meskipun keduanya merupakan base makeup dan bertujuan untuk menutupi ketidaksempurnaan pada wajah, namun foundation dirancang khusus dengan hasil complexion yang full coverage. Meskipun demikian, kemasan foundation tidak cocok untuk penggunaan praktis, karena biasanya packaging yang dirancang berbentuk pump atau tube dengan bahan kaca/plastik tanpa aplikator dan cermin.

Perbedaan Cushion dan Foundation

Jika tidak teliti, mungkin saja kamu masih menjadi salah satu orang yang menganggap cushion dan foundation adalah produk yang sama. Namun kenyataannya, produk ini memiliki perbedaan. Berikut beberapa perbedaan yang bisa MinQu rangkum untuk kamu:

Berdasarkan Kemasan yang Digunakan

Kemasan cushion biasanya terkesan lebih praktis karena sudah terdapat cermin dan sponge (aplikator) di dalamnya. Sedangkan kemasan foundation tidak cocok untuk penggunaan praktis, karena biasanya packaging yang dirancang berbentuk pump atau tube dengan bahan kaca atau plastik tanpa aplikator dan cermin.

Tingkat Coverage

Perbedaan selanjutnya terletak pada tingkat coverage. Cushion biasanya memiliki coverage di tingkat medium. Hal tersebut berdasar pada produk ini yang memang diformulasikan lebih ringan untuk penggunaan sehari-hari. Sedangkan foundation memiliki tingkat coverage yang lebih beragam, mulai dari sheer coverage, medium coverage, hingga full coverage. Sehingga produk ini akan lebih cocok jadi pilihan kamu untuk penggunaan makeup profesional. 

Tekstur Produk

Meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan, jika diperhatikan tekstur pada beberapa produk cushion dibuat lebih creamy dan kental, sedangkan tekstur pada foundation cenderung lebih cair. 

Itu dia beberapa perbedaan dari cushion dan foundation yang bisa MinQu share. Meskipun keduanya memiliki perbedaan namun tidak jarang beberapa orang masih kesulitan untuk menemukan perbedaan dari kedua produk ini. By the way, kamu pengguna cushion, foundation, atau keduanya, nih, Haqu Squad!

Lanjutkan baca

CARA MENYAMARKAN DARK SPOT DENGAN PRODUK MAKEUP
Jangan Salah! Ini Maksud Retouch Makeup yang Sesungguhnya